Oleh: muda99 | 25/04/2010

Ketika memberi nasehat dikira sok pintar…

“Sesungguhnya manusia itu dalam keadaan merugi
Kecuali orang-orang yang beriman
Dan beramal sholeh
Dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran
Dan saling nasehat menasehati dalam menetapi kesabaran”

Ya, kalimat di atas memang penggalan terjemah Q.S Al ‘Ashr. Tentu sobat muda hafal, bukan?? Adakalanya, bahkan seringkali, mungkin.. sobat muda selalu ingin mengaplikasikannya. Karena rasa cinta kita terhadap agama ini, agama paling mulia diatas muka dunia, tak ada duanya. Ya, kita memang patut bangga, sobat.

Tapi kenapa??seringkali sindiran, bahkan ucapanyang terang-terang disampaikan kepada kita berupa celaan, bahkan ungkapan kecewa? Orang kira kita sok pintar untuk menyampaikan kebenaran? Menasehati kawan atau saudara, agar sabar terhadap ketetapanNya. Padahal kita yakin, apa yang kita sampaikan adalah benar, untuk kebaikan mereka juga??

Ya, kita memang harus musti ekstra sabar kawan. Tak selamanya jalan dakwah ini indah. Karena memang tak mudah menyampaikan kebenaran, karena kita juga dituntut mengaplkasikanya. Tapi bagaimanapun, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran hukumnya tetap wajib, sobat.

Maka jangan menyerah hanya karena kata orang. Biarlah apa kata mereka, dakwah harus tetap jalan. Bukankah ada surga yang menanti kita? Just trust it. Bukankah ada Allah yang selalu menguatkan langkah kita? Bahkan itu jauh lebih berharga dari dunia dan isinya.bukankah sayyidina Ali berpesan:

انظر ما قال ولا تانظر من قال

“lihatlah apa yang disampaikan, jangan engkau melihat siapa yang menyampaikan”

Jadi Bukan karena sok pintar kita menyampaikan kebenaran, bukan karena kita sudah jadi orang paling sabar sehingga baru bisa menasehati saudara agar bersabar. Bukan. Bukan karena apa atau siapa, kita hanya perantara kebenaran milikNya. Maka cukupkan niat karena Allah semata. Cukup Allah saja yang menilainya. Kewajiban itu, untuk kita semua. Bukan hanya ana atau antum. Tapi kita semua.

Indahnya islam mewarnai dunia yang kita nanti bersama, kita perjuangkan dengan sepenuh jiwa. Bukan karena siapa kita. Atau apa yang kita miliki. Tapi begitulah yang Allah mau dari kita. Ta’at pada perintahNya.
Keep spirit, sobat…
Smoga Allah selalu meneguhkan langkah kita di jalan kebenaran ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: